Friday 12 October 2012

Kerukunan Antar Umat Beragama


Agama islam merupakan rahmattan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam). Kata islam berarti damai, selamat, sejahtera, taat, penyerahan diri, patuh. Pengertian tersebut menunjukkan bahwa agama islam adalah agama yang mengandung ajaran untuk menciptakan kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan kehidupan manusia pada khususnya dan alam pada umumnya serta penyerahan diri mentaati, dan mematuhi perintah Allah SWT. Menurut ajaran islam manusia diberi amanah untuk menjjadi khalifah di muka bumi dan harus menciptakan kemaslahatan bagi sesama mahluk Allah SWT.  Artinya setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia harus memberikan kebaikan dan tidak boleh memberikan kerugian apalagi menyakiti orang lain dengan menegakkan aturan Allah SWT. Itulah wujud rahmattan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam) agama islam bagi umat manusia sebagaimana dinyatakan Allah SWT di dalam Al  Qur’an surat Al Anbia : 107 ketika menjelaskan misi Rasulullah untuk menyampaikan agama islam bagi umat manusia, “ Dan tiadalah kami mengutusmu (Muhammad) kecuali menjadi rahmat bagi semesta alam”.

Ukhuwah Islamiah Dan Ukhuwah Insaniah
                                 
Kata ukhuwah berarti persaudaraan, maksudnya perasaan simpati dan empati diantara 2 orang atau lebih. Masing-masing pihak memiliki suatu kondisi atau perasaan yang sama,  baik suka maupun duka, baik senang maupun sedih. Jalinan perasaan itu menimbulkan sikap timbale balik untuk saling membantu bila pihak lain mengalami kesulitan dan sikap membagi kesenangan bila salah satu pihak mengalami kesenangan. Ukhuwah (persaudaraan) berlaku sesama umat islam disebut ukhuwah islamiah dan perilaku kepada semua umat manusia secara universal tanpa membedakan agama, suku, dan aspek-aspek kekhususan lainnya disebut ukhuwah insania. Konsep persaudaraan sesama umat manusia, ukhuwah insaniah dilandasi oleh ajaran bahwa semua umat manusia adalah mahluk Allah SWT, sekalipun Allah SWT memberikan petunjuk kebenaran melalui ajaran islam tetapi Allah SWT juga memberikan kebebasan memilih kepada setiap manusia untuk memilih jalan hidup berdasarkan pertimbangan rasio.

Kebersamaan Umat Beragama Dalam Kehidupan Sosial

Umat manusia memiliki tanggung jawab bersama untuk menciptakan harmoni kehidupan sosial. Masing-masing elemen masyarakat berkewajiban melaksanakan peran sosial dengan bidang tugas dan kemampuannya. Kontribusi sosial ditekankan islam adalah kebaikan dan tidak berbuat kerusakan. Prinsip tolong-menolong sesama umat manusia member makna universalisme nilai-nilai kebaikan yang diinginkan setiap manusia. Nilai-nilai itu didalam Al Qur’an diformulasikan dengan amar ma’ruf nahi munkar.

No comments:

Post a Comment